21 Jan 2012

Penelitian Kuantitatif


Skripsi???...oh rasanya kepala ini menjadi cenat cenut ketika mendengar kata 'skripsi'. Lima semester telah aku lalui dalam perjalanan kuliah ini. Dan ketika mulai memasuki semester enam ini, Kepala Jurusan (Kajur) meminta mahasiswa-mahasiswanya untuk mengajukan judul skripsi. Jenis atau macam skripsi pun aku sama sekali belum tau. Apalagi isinya yang konon mengandung sedikit hororr itu. Lantas aku harus mengajukan judul yang seperti apa??...Bagaimana aku bisa mencari dan mendapatkan masalah-masalah yang patut untuk kujadikan judul skripsi?...Nah,oleh karena itu aku surfing dulu, mencari-cari hidayah (baca:referensi).

Di bawah ini adalah salah satu referensi yang aku peroleh, selain itu ada juga referensi seperti modul, bisa didownload di http://www.ziddu.com/download/18328910/kuantitatif.pdf.html
Okey...cekidoottt... :)
Penelitian Kuantitatif adalah penelitian yang ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta hubungan-hubungannya. Tujuan Penelitian Kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan hipotesis yang dikaitkan dan mempunyai kelelasan unsure.
Hal yang perlu diperhatikan dalam penelitian kuantitatif:

Langkah penelitian
Segala sesuatu direncanakan sampai matang ketika persiapan disusun
Dapat menggunakan sampel dan hasil penelitiannya diberlakukan untuk populasi
Sampel menurut Suharsimi Arikunto (2006) adalah sebagian atau wakil dari populasi yang diteliti, sedangkan populasi merupakan keseluruhan dari subjek penelitian.

Hipotesis
Mengajukan hipotesis yang akan diuji dalam penelitian hipotesis menentukan hasil yang diramalkan Priori
Desain
Dalam desain jelas langkah-langkah penelitian dan hasil yang diharapkan

Pengumpulan Data
Kegiatan dalam pengumpulan data memungkinkan untuk diwakilkan

Analisis Data
Dilakukan sesudah semua data terkumpul

PROSEDUR PENELITIAN
Menurut Craig (1985) mengemukakan langkah-langkah penelitian ilmiah adalah sebagai berikut:
  • Identifikasi masalah
  • Merumuskan hipote‎sis
  • Mendefinisikan istilah
  • Melakukan penelitian atau observasi lapangan
  • Analisis data
• Menarik kesimpulan

Menurut Prof. Dr. Suharsimi Arikunto (2006) prosedur dalam melakukan penelitian adalah sebagai berikut : Memilih masalah, studi pendahuluan, merumuskan masalah, merumuskan anggapan dasar memilih pendekatan, menentukan sumber data dan variable, menentukan dan menyusun instrument,mengumpulkan data, analisis data,menarik kesimpulan,menulis laporan.

Penelitian yang baik menurut Prof. Dr. suhardjono dari UNIBRAW yaitu APIK, yang artinya dijelaskan sebagai berikut :
  • Asli bukan jiplakan atau mengganti peneitian orang lain
  • Penting hasil penelitian dipandang bermanfaat dan penting bagi peningkatan mtu pendidikan
  • Ilmiah Menggunakan proses yang dibenarkan oleh teori penelitian
  • Konsisten ada keruntutan antara bagian yang satu dengan bagian yang lain.


Jenis korelasi dalam penelitian
  1. Korelasi Sejajar tidak memberikan hubungan sebab akibat misa prestasi belaj matematika dengan bahasa,kedisiplinan dengan lingkungan tempat tinggal
  2. Korelasi sebab akibat / penelitian pengaruh korelasi yang memberikan pengaruh dimana A memberi pengaruh terhadap B contoh “pengaruh A terhadap B “
Dalam buku Methods of Psychological Research dijelaskan bahwa masalah penelitian dapat diperoleh dengan cara-cara: (1) observasi; (2) brainstorming; (3) theoretical prediction; (4) technological development; (5) knowledge of the research literature, dan kombinasi dari metode-metode tersebut.
Sumber data dalam penelitian merupakan subjek penelitian di mana data menempel.Sumber data dapat berupa : benda, gerak, manusia, tempat, dsb.Ditinjau darin wilayah penelitian, maka penelitian dapat dibedakan menjadi : penelitian sampel, penelitian populasi, dan penelitian kasus.

PROSES PENELITIAN KUANTITATIF
Dalam penelitian kuantitatif metode yang digunakan antara lain : metode survey, expost facto, eksperimen, evaluasi, action research, policy research (selain metode naturalistic dan sejarah ), setelah metode penelitian ditenyukan, maka yang perlu dilakukan adalah penyusunan instrument penelitian, yang digunakan sebagai alat pengumpul data yang dapat berbentuk tes, angket / kuesioner, untuk pedoman dan wawancara atau observasi. Dalam menentukan instrument perlu diteliti terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya.


Setelah data terkumpul, selanjutnya data dianalisis, sampai menghasilkan kesimpulan yang merupakan langkah terakhir dari suatu periode penelitian yang berupa jawaban terhadap rumusan masalah.Berdasarkan proses penelitian kuantitatif tersebut, maka penelitian kuantitatif bersifat linier, di mana langkahnya jelas, mulai dari rumusan masalah, teori, hipotesis, mengumpulkan data, analisis data, sera membuat kesimpulan dan saran.Pengunaan konsep dan teori yang relevan dalam menyusun hipotesis merupakan aspek logika, sedangkan untuk pemilihan metode penelitian, menyusun instrument, mengumpulkan data dan analisisnya adalah aspek metodologi untuk memverifikasikan hipotesis yang diajukan.

Itulah referensi yang aku peroleh dan pernah aku baca. Semoga bermanfaat :) ....

0 komentar:

Posting Komentar

silakan komen......